09 Mei 2009

Selamat Hari Raya Waisak 2553BE/2009

Hari ini kita memperingati Hari Raya Waisak , dimana seperti kita ketahui Hari Raya Waisak memperingati 3 peristiwa penting , yakni :
1. Hari Lahirnya Pangeran Siddharta Gautama
2. Hari Pangeran Siddharta Mencapai Penerangan Sempurna
3. Hari dimana Sang Buddha Parinibbana

Dengan memperingati Tri Suci Waisak, maka kita tentunya diharapkan dapat menyadari cita-cita luhur Pangeran Siddharta Gautama yang kemudian dengan perjuangan kerasnya hingga dapat mencapai penerangan sempurna dan disebut Sang Buddha, dimana Beliau melihat bahwa kehidupan manusia penuh dengan penderitaan., bahwa semua harta benda dan kesenangan duniawi memang dapat memberikan kebahagiaan bagi manusia, tapi itu hanya kebahagiaan sesaat, bisa dalam hitungan detik, menit, jam atau hari kebahagiaan itu dapat lenyap dalam sekejap, adakalanya harta benda yang melimpahpun tidak dapat memberikan kebahagiaan yang sebenarnya dalam hidup ini, juga bahwa semua yang ada di dunia ini adalah tidak kekal adanya, apapun yang kita miliki suatu saat akan berpisah dari kita.

Harta yang dapat memberikan kebahagiaan yang sebenarnya adalah timbunan kamma baik kita, dimana timbunan kamma baik kita yang akan menjadi tabungan kita untuk mendapatkan kebahagiaan, walaupun kita sudah meninggal, timbunan kamma baik akan terus mengikuti kita, sedangkan harta duniawi walaupun seberapa banyaknya, tidak akan kita bawa setelah kita meninggal.

Untuk itu dengan merenungkan Tiga Peristiwa Penting dari Waisak, semoga dapat memberikan semangat bagi kita untuk terus dapat selalu berbuat baik, membangkitkan cinta kasih kita kepada semua makhluk. Marilah kita giat berdana (dengan materi maupun nonmateri) untuk mengurangi penderitaan semua makhluk. Semoga dengan menghayati Tri Suci Waisak, Umat BUDDHA semakin terus bersatu dan tidak ada perpecahan dari berbagai organisasi Buddhist. Semoga semua organisasi/aliran Buddhist masing-masing dapat mengesampingkan egonya, dan bersatu memajukan Buddha Dhamma.

Selamat Hari Raya Waisak 2553/2009, Semoga semua makhluk hidup berbahagia.



SUMIN

0 komentar:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Flowers and Decors. Powered by Blogger